Budaya Lokal Harus Tetap Hidup

 
Globalisasi telah di ambang pintu sehingga mau tidak mau harus dihadapi dengan lapang dada karena batas-batas setiap negara dalam beberapa hal akan hilang seolah-olah dunia telah menjadi satu kesatuan. Globalisasi berarti ilmu pengetahuan dan teknologi, serta hasilnya akan menguasai dunia, sehingga dalam waktu singkat di berbagai kondisi di dunia dapat di akses dengan cepat.Di samping itu, makin sempitnya lapangan kerja yang memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi dinegaranya akan dialihkan ke negara yang memerlukan dan bersamaan dengan upaya melakukan investasi modal di negara lain. Contohnya produksi kendaraan bermotor telah membanjri Indonesia, bahkan akhir-akhir ini produksi kendaraan di Indonesia telah di ekspor di negara lain. Hal ini menjadikan globalisasi seaakan tiada batasnya dalam melakukan sebuah investasi ekonomi. Selain itu,globalisasi juga akan terus berkembangsesuai dengan kemajuan teknologi, sehingga sedikit akan membuat sejumlah budaya lokal mulai pudar. Hal ini akan menjadikan sebuah tantangan untuk mempertahankannya.

Budaya Lokal Tetap dilestarikan 
Banyak hal yang perlu dilakukan agar budaya tetap ada di masa mendatang sehingga generasi mendatang bisa menikmatinya dan melestarikannya. Dalam hal ini diperlukan upaya setiap elemen masyarakat untuk mendukung pelestarian budaya lokal di kalangan remaja sebagai penerus.Akibatnya budaya lokal sulit ditemui. satu diantaranya agar pelestarian tetap berjalan adalah memperkenalkan dan menanamkan nilai budaya lokal sejak dini. Selain itu akan menjadikan ciri khas di daerah tertentu. untuk sekarang, budaya lokal semakin pudar di kalangan remaja dan digantikan dengan budaya barat seperti perayaan hari, break dance, beat box dan lainnya. Akankah budaya barat akan membuat kalangan remaja hanyut dalam budayanya. Semua ini menjadikan tantangan remaja di masa mendatang.

Pentingnya Budaya Lokal 
Sudah banyak kasus bahwa budaya kita banyak yang dicuri karena ketidakpedulian para generasi penerus, dan ini merupakan pelajaran berharga karena kebudayaan lokal asal Indonesia adalah harta yang mempunyai nilai yang cukup tinggi di mata masyarakat dunia.Dengan melestarikan budaya lokal,supaya budaya kita tidak diakui oleh negara lain dan kita bisa menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing.Tetapi masyarakat kita kini sudah banyak meninggalkan nilai-nilai tersebut, padahal inilah identitas budaya kita. Jangan sampai kita terjajah oleh budaya luar bukan hanya kebudayaan kita tetapi cara berbicara kita pun sudah mulai terjajah. Kita lancar berbahasa inggris atau bahasa luar lainnya tetapi mengapa kita tidak tahu bahkan tidak bisa berbicara bahasa daerah kita sendiri.Para pemuda tahu & bahkan semangat untuk belajar breakdance dan tarian-tarian luar,sedangkan tidak mau belajar tarian-tarian tradisional atau tarian budaya kita sendiri. Merekapun lebih mengenal lagu-lagu dari luar dibanding lagu daerah Indonesia. Haruskah budaya indonesia hilang begitu saja..!!!!

Mahasiswa Fakultas Pertanian Untan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersahabat dengan Internet Baik bagi Generasi JAMAN NOW!!!

Tularkan Budaya Lokal Pada Generasi Muda

Aceng: Media Mahasiswa Harus Menjadi Media Alternatif