Tularkan Budaya Lokal Pada Generasi Muda

Kata internet sudah tidak asing lagi di dengar oleh kalangan generasi penerus saat ini. Semua kalangan pasti membutuhkan internet untuk mencari informasi untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Hadirnya internet memudahkan seseorang dalam melakukan aktivitas seperti mencari resep makanan, cara menyikat gigi baik dan sebagainya. Internet juga dapat memperbaiki kehidupan sesorang menjadi lebih baik dari sebelumnya karena internet menyimpan berbagai macam informasi yang diinginkan. Banyak kelebihan yang dapat dirasakan dengan hadirnya internet. 
Sumber ://www.balipost.com

Disisi lain, internet juga dapat melahirkan kebiasaan baru serta menggesarkan kebiasaan lama, satu diantarnya penggunaan media sosial yang sering digunakan semua kalangan termasuk generasi penerus di kawasan perkotaan. Kebiasaan yang dilakukan generasi penerus seakan menjadikan media sosial sebagai aktivitas rutin setiap harinya. Dari kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus akan menciptakan sebuah budaya baru. Padahal kehadiran internet dapat memberikan peluang bagi generasi penerus untuk memperkenalkan kepada khalayak ramai budaya lokal yang masih bertahan sampai sekarang. Selain itu, banyak juga budaya luar masuk secara bebas diberbagai daerah serta mengenalkan budaya mereka melalui internet untuk menggantikan budaya lokal sebelum mereka hadir di daerah kita. Hal ini bisa dilihat dari pola berpakaian dan pola tingkah laku. Ini menjadi bukti nyata yang dapat ditemukan disekitar kawasan perkotaan bahwa perkembangan internet dapat merubah semuanya serta menggantikan budaya lokal, sehingga pihak terkait harus sejak dini menanamkan rasa cinta budaya lokal kepada generasi penerus agar tidak terpengaruh terhadap  budaya luar yang masuk.

Bangkitlah Generasi Penerus 

            Akhir-akhir ini banyak sekali kebudayaan kita sering sekali diakui oleh bangsa lain. Tidak heran jika begitu banyaknya budaya kita miliki, justru membuat kita tidak mengetahui apa saja yang ada di kalbar. Bahkan kita sendiri pun sebagai generasi penerus melupakan budaya sendiri, sangat ironis, orang asli tidak mengenal ciri budaya lokalnya sendiri.  Ketertarikan budaya semakin luntur serta mengakibatkan budaya lokal harus diambil oleh negara asing. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi, satu diantarnya kesamaan antara budaya suku dan rasa dengan negara tetangga (Malaysia). Ini akan menjadikan tantangan kedepannya untuk generasi penurus untuk mengambil kembali budaya lokal dan mempertahankan budaya lokal. 

Sumber : linkedin

Manfaatkan Internet

Sejak memasuki masa reformasi perkembangan internet di daerah perkotaan sudah tidak bisa dibendung lagi. Hampir setiap sudut kota di belahan dunia menyediakan sarana dan prasarana internet untuk meningkatkan pelayanan perkotaan sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan. Berbagai informasi yang ada di internet dapat diakses dengan mudahnya dalam hitung detik bahkan tak harus menunggu lama informasi tersebut pun akan muncul sesuai dengan kebutuhan. Bahkan perkembangan internet di luar negeri pun sangat cepat dan bisa diakses juga. Internet yang disajikan dalam bentuk informasi pun beraneka ragam mulai dari dunia pendidikan, ekonomi, budaya, sosial, politik dan sebagainya. Dengan adanya internet memudahkan generasi penerus agar memanfaatkan media sosial untuk mempublikasikan budaya lokal agar tetap bertahan dimasa mendatang. Untuk mewujdkan hal ini memang tidak mudah, diperlukan kesadaran dari generasi penerus itu sendiri. Hal ini harus dilaksanakan sejak dini demi keletarian budaya lokal.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersahabat dengan Internet Baik bagi Generasi JAMAN NOW!!!

Aceng: Media Mahasiswa Harus Menjadi Media Alternatif